Kalau Berkunjung, Jangan Lupa Tinggalkan Jejak





Blogwalking ialah arti yang digunakan di dunia website. Arti ini dimaknai untuk pekerjaan berkunjung ke beberapa blog lain, baik itu punya teman dekat atau siapa juga. Di kompasiana sendiri, kesibukan blogwalking biasa dilaksanakan untuk bentuk bersilahturahmi serta pertemanan dengan sama-sama kompasianer.

Saya, seperti perihal beberapa teman dekat yang lain, suka juga bertandang ke lapak (account) beberapa teman dekat. Dalam satu hari, saya upayakan sediakan waktu untuk melihat isi posting beberapa teman dekat di kompasiana, di samping menulis untuk isi "rumah" sendiri.

Macam Lawatan

Saya lihat, ada beberapa macam pilihan yang dilaksanakan waktu lakukan lawatan itu, bergantung pada rutinitas kompasianer. Pertama, ada yang bertandang cuma untuk "melihat" materi ulasan. Berarti, yang berkaitan berkunjung ke posting seseorang cuma untuk tujuan lihat atau membaca, tidak lebih dari pada itu. Dia malas tinggalkan jejak walau ada sarana karena itu yang disiapkan di tiap lapak.

Ke-2, memberikan nilai. Ada teman dekat yang berkunjung ke posting lainnya, (kemungkinan) membaca, serta cuma tambahkan nilai. Yang di-klik salah satu dari nilai yang ada pada media ini, entahlah itu aktual, menarik, berguna, memberikan inspirasi, menghibur, atau yang lain.

Pilihan nilai "tidak menarik" juga ada. Sang pengunjung bisa meng-klik-nya. Namun, vote yang saya katakan paling akhir ini hampir tidak sempat di-klik. Terkecuali kemungkinan salah tekan, he he he.

Serta, semasa berkompasiana, saya sendiri tidak pernah memakai nilai "tidak menarik" ini di lapak teman dekat. Diantaranya, sebab tidaklah sampai hati saja. Jika kurang sreg dengan artikel itu saya semakin pilih tidak tinggalkan jejak benar-benar.
Ke-3, memberi tanggapan. Saya perhatikan, banyak komentar ini bisa digolongkan jadi dua, yaitu yang sebatas memberi komentar serta yang serius memberi komentar.

Yang sebatas memberi komentar umumnya tidak membaca isi tulisan. Yang berkaitan cuma lihat judul, langsung turun ke kotak kometar. Benar-benar tidak membaca isi tulisan hingga tidak paham dengn tentu apa intisari tulisan disebut. Lalu, dia selekasnya scroll ke bawah serta komentari.

Karenanya, tanggapan yang dibubuhkan sering tidak menyambung dengan isi tulisan di atasnya. Atau, tanggapan yang dikatakan sekadarnya saja! Type semacam ini akan bertandang dari lapak satu ke lapak dengan tanggapan yang sama. Komentarnya (hampir) sama, copy-paste dari tanggapan di lapak-lapak yang lain.

Sebaliknya, yang bersungguh-sungguh memberi komentar akan mengawali dengan membaca artikel, dari judul sampai isi, walau juga kemungkinan harus membaca cepat. Dia berupaya pahami apakah yang dimaksud oleh penulisnya, minimum intisari bahasannya dapat diamankan. Nah, dari pandangan itu ia membubuhkan tanggapan. Akhirnya, komentarnya juga pas serta sesuai dengan tema yang dibahas di artikel.

Tanggapan yang Unik

Disamping itu, ada juga skema memberi komentar yang cukup unik, serta ini pada beberapa peluang saya serta beberapa teman dekat kerjakan. Saya mulai dengan membaca artikel teman dekat dengan saksama. Lalu, saya akan mencari atau dapatkan sisi penting dari tulisan itu. Kemungkinan sisi penting itu dalam bentuk kalimat yang istimewa atau kalimat pokok.

Nah, kalimat itu yang saya akan copy serta paste di kotak kometar. Kemudian langsung submit? Tidak! Di bawah sisi kalimat spesial itu pasti saya tambahkan tanggapan seperlunya. Tanggapan itu umumnya sesuai dengan kalimat pokok itu, serta dapat tersangkut isi posting keseluruhannya.

Saat kita akan pilih memberi komentar dengan serius akan memerlukan waktu. Tujuan saya, bila ingin memberi tanggapan, kita perlu membaca tulisan seseorang secara baik hingga dapat memberi animo dengan cara tepat.

Memang sedikit ribet, tapi bertepatan dengan itu kita dapat menuai pengetahuan dari tulisan itu dengan cara efisien. Serta, janganlah lupa, memberi tanggapan seperti ini memperlihatkan penghargaan kita pada penulisnya, entahlah kita sama pendapat atau mungkin tidak dengan sang penulis artikel.

Nah, teman dekat kompasianer, silahkan kita meninggalkan jejak ketika bertandang ke lapak beberapa teman dekat. Jangan selalu jadi silent reader. Silahkan tambahkan nilai atau vote. Komentari yang ideal.

Sebagus-baiknya kedatangan kita di posting beberapa teman dekat ialah memberi nilai sekaligus juga tanggapan yang sesuai dengan. Ini hanya ajakan. Bila sama pendapat yuk kita kerjakan, bila tidak juga tidak kenapa.
Diberdayakan oleh Blogger.