Sebenarnya Kita Semua Terlahir Untuk Bisa Menulis!

 



Malam, dalam suatu warung kopi bersama-sama teman dekat asyik berunding. Tema tidak jauh masalah menulis serta buku, mengenai kekasih, dan masalah lainnya. Tapi yang menarik dari pembicaraan malam di angkringan Tugu Jogja itu ialah masalah apa kita dapat menulis? Berikut cuplikan pembicaraan memulai tulisan ini.


Lalu saya menjawab, "Kemungkinan itu sebab kebanyakan berpusat dengan beberapa hal yang tidak kita gemari, seperti membuat makalah di universitas. Tidak seperti membaca satu buku kegemaran seperti novel, komik dan lain-lain" kataku.


Saat kita bicara tentang menulis, pasti sebetulnya tidak terlepas dari membaca. Bila kita suka membaca, automatis kita senang menulis. Ibaratnya, membaca serta menulis telah sepasang yang tidak dapat dipisah. Tidakkah demikian? Menulis ialah langkah bicara tidak langsung untuk kita mengutarakan ide, perasaan, pemikiran ke rekan, teman dekat, atau di sosial media. Ada opini yang menjelaskan, dengan menulis seorang bisa mengutarakan ide, opini, dan pikiranya sesuai kemauan.


Penting dipahami jika kekuatan menulis tidak dengan cara genetik. Oleh karenanya, peranan talenta tidak tentukan dalam kesibukan menulis. Tiap orang pada intinya mempunyai kekuatan menulis, tentunya diimbangi dengan belajar serta melatih diri untuk menulis secara benar. Saya dapat, Anda juga dapat, semua dapat menulis.


Kriteria Wajib Dimiliki Agen Bola Terbaik Indonesia Tiap penulis memerlukan keberanian sebab sesudah dia usai menulis naskah, dia akan tawarkan suatu hal mengenai diri kita berbentuk beberapa kalimat. Dia akan mengatakan " kenalilah apakah yang saya catat ini. Bacalah sekerap yang kamu kehendaki. Masing-masing apakah yang saya tujuankan, tapi pakailah kekuatan akal, alasan, imajinasi kamu sendiri dan bikinlah simpulan sendiri."


Jarang-jarang ada penulis yang lahir dengan kekuatan memakai beberapa kata dengan cara baik. Karena itu, menulis ialah proses panjang. Seorang penulis harus berlatih sampai kuasai seninya. Kita memerlukan disiplin diri yang keras, latihan tulisan dan tulisan kembali lagi. Saya alami proses itu.


Kelebihan jadi seorang penulis, kita ialah pekerja terhormat serta mulia, sebab tiap buah karya positif dari seorang penulis bisa memajukan serta mencerdaskan warga atau pembaca. Keunggulan lain jadi seorang penulis ialah karier yang dapat dilaksanakan dimanapun, kapanpun, tanpa batas waktu, semasa ada tekad serta kemauan yang dalam dari dalam diri kita.


Beberapa orang yang sukses dalam kehidupannya diantaranya sebab menulis. Untuk contoh, Kahlil Gibran (seniman, penyair serta pengarang besar dari Lebanon), Pramoedya Ananta Toer (penulis novel Tetralogi Pulau Buru dari Indonesia), Rabindranath Tagore (penulis asal India yang memenangi hadiah Nobel), Stephen King (novelis Amerika ahli narasi seram, fiksi sains, serta kriminalitas), serta Toni Morrison (penulis wanita Afrika-Amerika yang memenangi Nobel). Tetap ada penghargaan buat setiap pribadi yang ingin serta terus berlatih membuahkan karya. Penulis yang menulis akan diingat.


Jika ada yang menjelaskan kendala belumlah ada ketertarikan saat menulis, itu masalah kendala mental yang mengambil sumber dari dalam diri kita. Kendala ini umumnya dikuasai oleh rasa malas untuk mengawali menulis. Ada pula yang berasumsi, menulis ialah satu pekerjaan yang menganiaya diri. Menurut saya, orang tipe ini bukan penulis betulan, sebab tidak paham bagaimanakah cara menulis yang sebenarnya.


Menulis harusnya memakai kemahiran beberapa kata. Karena, beberapa kata ialah alat. Seorang tukang kayu memakai serutan, pahat, serta gergaji untuk bikin satu perlengkapan rumah. Sedang, seorang penulis memakai beberapa kata, kalimat, alinea-alinea untuk bikin satu tulisan. Seperti yang saya kerjakan sekarang ini. Ingat, kekuatan memakai alat-alatlah yang memperbedakan hasil karya kita. Dapat benar-benar menarik atau kebalikannya.


Tiap penulis harus belajar memakai beberapa kata dengan cara pas. Setiap saat kita bicara dengan seseorang, membaca, atau melihat acara di TV, kita sebaiknya memperhatikan tiap kata baru. Supaya meningkatkan kosakata kita. Coba tulis pada memo di Smartphone kita atau pada buku catatan.


Pada akhirnya, menulis ialah karier yang sangat universal, tapi pilih jadi penulis bermakna jadi suatu hal yang spesial dalam kehidupan ini. Kita dapat menulis, selama tidak menyepelekan pekerjaan atau hoby ini. Karena seorang penulis yakin jika semuanya yang benar dan baik serta indah, harus diutarakan melalui beberapa kata yang tercatat.


Selamat Berkreasi!

Diberdayakan oleh Blogger.